Mengapa Menjadi Pengusaha

Mengapa menjadi pengusaha, menjadi seorang pengusaha adalah sebuah pilihan, bukan semata-mata mengejar materi tapi jauh lebih dari itu. Dunia penting tapi akhirat jauh lebih penting. Banyak teladan pengusaha yang sukses dengan kekayaannya menjadi jalan menuju syurga seperti Abdurrahman bin Auf, Utsman bin Affan dan lain-lain.

Dengan menjadi pengusaha banya hal yang dapat kita lakukan seperti membuka kesempatan kerja, ikut berperan serta dalam pembangunan sebuah negara dengan pajak yang dibayarkan dan yang lebih penting lagi adalah dapat berbuat lebih banyak dengan pendapatan usaha kita untuk kemaslahatan umat antara lain dengan mengalirkan dana kita dijalan Allah SWT seperti zakat, infaq, sodaqoh, waqaf pembangunan masjid,musolah,pesantren, menyantuni anak yatim piatu, janda dan lain sebagainya.

Kabar baiknya untuk menjadi pengusaha sangat terbuka lebar jalannya, tidak harus kita memiliki pendidikan formal yang tinggi. Yang terpenting adalah mempunyai kemauan yang kuat, gigih, pantang menyerah dan jangan lupa berdoa memohon agar setiap langkah kita diridhoi Allah SWT.

Peluang menjadi pengusaha tidak seperti kita menggapai puncak karir dalam struktur perusahaan atau birokrasi pemerintahan atau suatu perusahaan yang setiap tahapannya harus ada seleksi dan formasinya pun sangat terbatas. Karena dalam struktur organiasasi jabatan direktur atau general manager atau pemimpin daerah semakin mengerucut seperti seperti sebuah piramida yang makin sedikit posisi atau jabatan di puncaknya.

Indonesia masih membutuhkan banyak pengusaha, untuk menjadi sebuah negara maju minimal 7% dari total jumlah penduduk idealnya berprofesi sebagai pengusaha dan kita masih tertinggal jauh dengan malaysia, singapura, jepang, amerika dan lain-lain. Jadi peluang menjadi seorang pengusaha masih sangat terbuka lebar.

Menyusun strategi, berhitung untung rugi perlu tapi yang terpenting adalah segera mengeksekusi berbagai plan atau rencana tersebut (just do it) seperti pengusaha yang membuat website lapakgrage.com atau tokopabrik.com dan jadikan setiap prosesnya untuk membuat kita menjadi semakin kuat. Jatuh bangun dalam membangun usaha adalah hal biasa, dan yang terpenting lagi jangan mengulangi kesalahan yang sama.

Tidak penting kita menjadi pengusaha besar atau kecil, niatkan kita untuk menjadi pengusaha yang bisa memberikan banyak manfaat bagi sesama. Nikmati setiap prosesnya setidaknya kita telah membuka kesempatan kerja minimal untuk diri kita, yang artinya dapat mengurangi angka pengangguran dan dengan berkembangnya usaha kita akan dapat menyerap banyak tenaga kerja, itulah alasan kita mengapa menjadi pengusaha.

Jangan lupa segera membuat sistem manajemen yang baik saat usaha kita sudah cukup stabil sehingga jangan sampai kita menjadi “pekerja” dalam perusahaan sendiri supaya kita memiliki kebebasan financial dan waktu. Dan akhirnya bisa lebih banyak waktu untuk beribadah kepada Allah SWT.

Mengapa Menjadi Pengusaha
Mengapa Menjadi Pengusaha

It’s just share my opinion, mudah-mudahan ada manfaatnya “Mengapa Menjadi Pengusaha”, Amin.

 

Ade Hermawan

admin

2 thoughts on “Mengapa Menjadi Pengusaha

  1. Instafollowfast.com says:

    Mengenal Social Entrepreneurs yang Bermanfaat Bagi Masyarakat   Sebagai seorang wirausaha, seringkali mereka hanya membuat diri sendiri bertambah kaya dan kesejahteraan pribadi menjadi lebih meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.